Senin, 06 Februari 2017

PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN PETERNAKAN



CHEESE STICKS “DE’COLET”
 (PERENCANAAN PENDIRIAN USAHA CHEESE STICKS “DE’COLET”)
Program Studi Kewirausahaan Peternakan






DISUSUN OLEH
R YOANDA ROBBY P                  E10012158
MONANG PANDAPOTAN S       E10013049
DAVID KHAN                                E10013109
ISFAN FAJRI N                              E10013117
AULYA RAHMAWATI                E10014001
KELOMPOK A.1

  FAKULTAS PETERNAKAN
UNIVERSITAS JAMBI
2016
 

DAFTAR ISI
1.RINGKASAN EKSEKUTIF..................................................................... 1
2.PENDAHULUAN....................................................................................... 2
2.1 Latar Belakang.................................................................................... 2
2.2 Visi,Misi,Tujuan dan Nilai Budaya..................................................... 2
2.3 Identifikasi Usaha............................................................................... 3
2.4 Struktur Organisasi.............................................................................. 3

3. ANALISIS PRODUK DAN PRODUKSI............................................... 4
3.1  Analisa produk.................................................................................... 4
3.2  Analisa Produksi.................................................................................. 4
3.3  Modal Usaha....................................................................................... 5
3.4  Keistimewaan Produk......................................................................... 5

4. PEMASARAN............................................................................................ 6
4.1  Analisis persaingan usaha SWOT........................................................ 6
4.2  Analisis 4P........................................................................................... 6
4.3  Target dan Segmentasi Pasar............................................................... 6
4.4  Strategi Pemasaran.............................................................................. 7

5. ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA..................................... 8








1 RINGKASAN EKSEKUTIF
Chesee stick De’Colet merupakan suatu bisnis bidang kuliner yang menawarkan makanan kudapan. Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai macam kuliner. Namun Bisnis ini tidak mengikuti trend pasar namun di mulai dari ide penulis yang orisinil. Maka kami tergerak membuat inovasi baru dibidang kuliner.
Secara pribadi kami membangun usaha ini dikarenakan kesukaan kami mengkonsumsi olahan keju, maka kami memutuskan untuk membuat suatu olahan keju yang lebih berinovasi dan lebih menyehatkan dari olahan keju dan terjamin kehigenisannya, maka dari itu kami membuat suatu olahan keju yang berbeda yaitu cheese sticks. Produk yang ditawarkan adalah keju yang dibuat dan disajikan dengan cara berbeda, yaitu dibalut dengan adonan tepung roti. Keunikannya adalah produk sejenis belum ada, cheese sticks memiliki  peluang menjadi trendsetter. Keunggulan cheese sticks De’colet adalah enak, cepat saji dan bergizi tinggi.
Mengingat banyak aktivitas yang dijalani setiap orang perharinya dengan aktivitas yang semakin padat membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti keju. Makanan–makanan yang tersedia di pasaran memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut kebanyakan terlalu mahal.
Maka dari itu kami membuat cheese sticks sebagai salah satu makanan dengan rasa yang enak, nikmat, dan juga lezat serta dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Produk cheese sticks  De’colet dapat di tujukan untuk semua segmen pasar. Namun, berdasarkan karakteristik produk, target pasar yang lebih di bidik adalah remaja hingga dewasa dengan karakteristik psikografis menyukai hal-hal baru.




2 PENDAHULUAN
2.1  Latar Belakang
Di Indonesia, berbagai bidang bisnis memiliki peluang dan prospek kedepan yang baik karena gaya hidup masyarakat saat ini yang cenderung konsumtif. Bisnis bidang kuliner merupakan salah satu bidang bisnis yang memiliki prospek atau peluang untuk berwirausaha.
Keju di Indonesia belum terlalu familiar di lidah masyarakat Indonesia. Namun keju mempunyai nilai gizi yang bagus jika di konsumsi oleh manusia. Keju biasanya hanya di makan begitu saja belum banyak olahan keju di Indonesia. Penulis tertarik untuk mendirikan suatu usaha yang menawarkan cheese sticks berbahan keju yang diberi nama De’colet dimana menawarkan roti yang dibuat dan disajikan berbeda dari biasanya.

2.2 Visi, Misi, Tujuan, dan Nilai Budaya
Visi cheese sticks De’colet adalah menjadikan kuliner yang lebih memperhatikan nilai gizi para konsumen.
Misi cheese sticks De’colet adalah
1.       Menciptakan makanan yang sehat, bergizi, dan lebih mementingkan kehigenisan
2.       Memberikan harga yang terjangkau kepada konsumen untuk mendapatkan yang sehat dan bergizi
3.       Menciptakan inovasi baru dalam bidang kuliner
Tujuan cheese sticks De’colet adalah
1. Mendapatkan penghasilan
2. Memenuhi kebutuhan konsumen
3. Menggali bakat dalam hal berbisnis
Ruang lingkup usaha yang kami rintis ini masih dalam usaha kecil, tetapi usaha ini bisa sangat menjanjikan karena produk makanan yang kami produksi dapat dinikmati oleh semua kalangan.
Nilai-nilai budaya cheese sticks De’colet adalah
1. Dinamis
2. Kreatif
3. Ramah
4. Jujur
2.3 Identifikasi Usaha
         Nama Usaha      : Cheese sticks
         Pemilik Usaha   :  De’colet
Bidang Usaha   : Makanan Ringan
         Alamat Usaha    : JL. Sumantri Brojonegoro
         CP                      : 085264919930

2.4 Struktur Organisasi





3. ANALISA PRODUK DAN PRODUKSI
3.1 Analisa Produk
                Usaha kami bergerak dalam bidang kuliner karena kami termasuk orang yang hobi dalam berkuliner apalagi yang berbahan dasar kentang, karena di Indonesia keju bisa kita jumpai dengan mudah dan kebanyakan orang menyukai olahan dari keju, jadi kami sepakat untuk mengolah keju sebagai bahan isi cheese sticks dengan saus sebagai pelengkapnya
                Awal dibentuknya perusahaan kami karena kami dapat melihat minat masyarakat akan makanan ringan yang mengenyangkan dan dengan harga terjangkau.

3.2 Analisa Produksi
Proses produksi yang dilalui dalam pembuatan Cheese sticks de’colet  adalah sebagai berikut:
Proses Produksi
Bahan Baku
Teknologi
Mesin
Membeli 
Tepung terigu, tepung roti, keju, saos tomat, bumbu
Tradisional
-
Mencampur
Tepung terigu
Otomatis
Mixer
Digiling
Adonan tepung
Tradisional
Lampia
Menggoreng
Adonan +keju + tepung roti
Tradisional
-

Proses produksi yang diterapkan oleh cheese sticks de’colet  memiliki beberapa keunggulan:
 Proses pemilahan yang dilakukan manual memastikan bahwa produksi keripik bayam selalu terjamin kualitas dan kesegarannya
 Bumbu yang digunakan adalah bumbu racikan sendiri (bukan bumbu jadi), sehingga memiliki ciri khas dan kesegaran yang terjamin
 Proses pengorengan yang sempurna sebelum pengemasan membuat cheese sticks lebih renyah dan gurih.


3.3 Modal Usaha
Modal cheese sticks    : Rp 1.000.000,-
Modal tempat             : Rp 1.000.000
Total Modal                : Rp 2.000.000,-

3.4 Keistimewaan Produk
 Harga cukup terjangkau untuk semua kalangan
 Sajian makanan yang bergizi
 Hidangan cepat saji yang dapat di terima oleh semua kalangan baik dari anak kecil maupun orang dewasa


4. PEMASARAN

4.1 Analisis Persaingan Usaha SWOT
A. STRENGTH
·         Bahan bakunya mudah ditemukan
·         Cita rasa yang mudah diterima
·         Menggunakan bahan dan proses yang berkualitas
B. WEAKNESS
·         Tidak tahan lama dan mudah basi
·         Modal cukup kecil
C. OPPORTUNITIES
·         Banyak disukai berbagai kalangan
D. THREAT
·         Selera konsumen variatif
·         Munculnya pesaing baru

4.2 Analisis 4P      
1. PRODUCT
·         Type                   :  Snack
·         Brand                 :  Cheese Stick
·         Quality               :   Tanpa Bahan Pengawet
·         Packing                  :  Menggunakan Cup Plastik
2. PRICE
·         Price List             :  Rp. 13000,- / bungkus
3. PROMOTION
·         Advertising           :  Menggunakan Media Jejaring Social
·         Sales Promotion   :  Mempromosikan Penjualan Kepada Pelanggan
·         Personal Selling   :  Menjual Kepada Pelanggan Secara Langsung
4. PLACE
·         Berlokasi di wilayah sipin kota jambi.

4.3 Target dan Segmentasi Pasar
1. GEOGRAFI
·         Wilayah yang kita jadikan target yaitu wilayah kota jambi, alasannya adalah bahan – bahan untuk membuat produk ini sangat mudah ditemukan
·         Kami melihat banyaknya peluang bisnis pada makanan yang cepat saji, hingga kami memanfaatkan peluang ini
2. DEMOGRAFI
Secara pasar kami menjual pada kalangan penggemar kuliner, mahasiswa dan anak-anak karena dengan sasaran itu kami dapat dengan mudah mengetahui informasi pasar.

4.4 Strategi Pemasaran
1.  Perkenalan Bisnis
Produk yang kami tawarkan merupakan makanan yang lezat, bergizi, dan harganya terjangkau. Produk kami bernama “CHEESE STICKS” yaitu olahan keju yang sangat baik di konsumsi oleh masyarakat. Cheese sticks ini berbeda dengan yang lain karena kami tidak menggunakan bahan pengawet dan menggunakan bahan bahan yang berkualitas
2. Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Cheese sticks ini berbahan baku adonan dan keju dengan bahan bahan lainnya. Oleh karena itu kami berniat bekerja sama kepada distributor keju dan bahan bahan pelengkapnya yang sudah pasti kualitasnya
3. Menciptakan inovasi pada design yang ditawarkan
Produk kami ini yang pertama: cheese sticks ini untuk kedepannya kami berinovasi untuk membuat cheese sticks dengan menciptakan berbagai macam rasa keju
4. Meningkatkan kualitas pelayanan
Setelah melakukan penjualan kami meminta kepada consumen untuk mengkritik dan memberikan saran pada produk kami. Maka kami akan meningkatkan kualitas dan tingkat rasa untuk memuaskan konsumen
5. Media Pemasaran
Aksi pemasaran yang sudah dan akan dilakukan:
 Menyediakan paket sample kepada masyarakat sekitar seperti mahasiswa
 Membuat brosur / selebaran
 Memasang iklan di media online untuk menjangkau masyarakat luas, misalnya: forum internet, Facebook, Twitter, iklan baris, dll
 Menyebar contact yang dapat dihubungi dalam bentuk telepon, SMS, PIN BBM, Yahoo Messenger, dll.



6. ANALISA DAMPAK RESIKO USAHA
Dampak positif yang ditimbulkan oleh usaha cheese sticks de’colet adalah:
 Pendayagunaan tenaga kerja lokal (menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar)
 Memberikan contoh nyata cara melakukan wirausaha terhadap warga sekitar
 Memperkenalkan makanan ringan sehat berupa snack dengan bahan dasar keju.

Selain memiliki dampak positif, perusahaan pun dapat menghadapi beberapa resiko, seperti:
 Kenaikan mendadak harga bahan-bahan mengakibatkan perusahaan mengalami penurunan omzet
 Produk baru dapat dengan mudah mendapatkan saingan serupa. Tantangan utama akan datang dari usaha-usaha yang memiliki modal lebih besar, dimana mereka dapat melakukan pembelian bahan-bahan secara lebih murah.
 Berkurangnya minat pasar apabila tidak dilakukan inovasi yang terus-menerus. 

PS: UNTUK KALIAN YANG LAGI CARI HADIAH ANTIMAINSTREAM BISA KEPOIN INSTAGRAM @byaulyaraa. kalian bisa custom order DOODLEART nya guys






0 comments:

Posting Komentar

 
Blogger Widgetskupu