Rabu, 17 Oktober 2012

Terowongan bawah laut terpanjang


1.     Terowongan Seikan
Terowongan seikan adalah terowongan untuk jalur rel kereta api yang terletak di dasar laut Jepang. Terowongan ini sepanjang 53,85 km,dan sekitar 23,3 km. terowongn ini berlokasi sekitar 140 m di dasar laut, dengan kedalaman hingga 240 m (790 kaki) dibawah permukaan laut.
Terowongan ini terletak di Selat Tsuguru yang menghubungkan provinsi Aomori di pulau Honshu dengan pulau Hokkaido di Jepang. Ini mulai beroperasi pada 13 Maret 1988.pembangunan terowongan tersebut membutuhkan waktu hingga sekitar 17 tahun,dengan menghabiskan dana sebesar Y 538,4 miliar (US$ 3,6 miliar).
2.    Terowongan Channel
Terowongan Channel atau terowongan Dover adalah terowongan untuk rel kereta api yag terletak di baah laut. Terowongan ini memiliki panjang hingga 50,5 km atau sekitar 31,4 mil. Terowongan tersebut menghubungkan Folkestone,Kent,dekat Dover di Inggris Raya, dengan Coquelles,Pas-de-Calais,dekat Calais di bagian utara Prancis.             Terowongan cannel berlokasi di bawah Selat Dover,Inggris,denagn kedalaman mencapai 75 m dibawah laut. Dan, kurang lebih sekitar 37,9 km dari bagian terowongan tersebut terletak di dasar laut. Terowongan cannel merupakan terowongan terpanjang kedua setelah terowongan seikan di Japan.

0 comments:

Posting Komentar

 
Blogger Widgetskupu