Jumat, 05 Oktober 2012

peninggalan seni rupa


SENI RUPA
1.      Ciri atau keunikan peninggalan seni rupa

a.       Mesopotamia


Jawaban:
-          Sejumlah relief umumnya menggambarkan kegiatan masyarakat Babilonia yang selalu brhubungan dengan dunia keagamaan.
b.      Asiria
Jawaban:
-          Relief dan gambar menunjukkan kekuatan,keperkasaan,para prajurit dan senjata perang.
-          Relief manganung persamamaan dengan bangsa mesir yaitu penggambar objek tampak samping dan bersifat dekoratif.
-          Relief raja biasanya dibuat lebih besar untuk menunjukkan kegagahan dan kekuasaan.
-          Relief prajurit umumnya digambarkan sedang bertempur,bersenjata dan berjanggut keriting.
-          Dalam relief jarang menampilkan wanita dan upacara agama.

c.       Persia
Jawaban:
-          Peninggalan Persia menunjukkan penggambaran upacara-upacara dan kehidupan pesta pora istana.
-          Banyak ditampilkan binatang yang menjadi lambang kegagahan, seperti singa, kuda, atau harimau. Hal tersebut menunjukkan bahwa bangsa Persia lebih mengemukakan kemegahan dan kemenangan daripada kehidupan lainnya
-          Persia tidak memiliki daya cipta arsitektur yang hebat. Gaya bangunan Persia lebih merupakan arsitektur campuran atau disebut juga eklektis daripada arsitektur yang original.
        2.Sebutkan dan jelaskan peninggalan seni rupa
a.       Mesopotamia
 
Marduk
adalah nama bahasa Babilonia untuk dewa dari Mesopotamia kuno dan dewa pelindung kota Babilonia. Ketika Babilonia menjadi pusat politik di lembah sungai Efrat pada masa pemerintahan Hammurabi (abad ke-18 SM), ia mulai menjadi dewa utama Babilonia.
Istana
dengan ciri-ciri : menggunakan konstruksi lengkung tong tanpa menggunakan tiang.Pada bagian pintu gerbang terdapat patung penjaga Ambang, yaitu patung berkepala Raja dan berbadan banteng dan bersayap. Contohnya istana Sargon II di Khorzabad.

 Ziggurat
yaitu sejenis menara bertingkat berbentuk kerucut yang berfungsi sebagai banguan suci. Bangsa Semit pada tahun 2700 SM percaya akan kekuatan dewa matahari. Oleh karena itu tempat peribadatan yang mereka bangun membentuk anak tangga berpuncak – puncak dengan puncak kuil yang beratap datar dan di buat dari bahan tanah liat yang dibakar dan diberi glasur atau juga batu bata. Ziggurat menurut keyakinan bangsa sumeria dan Assyria adalah rumah dewa yang sebenarnya, dan hanya pendeta yang boleh masuk ke dalamnya. Ziggurat masih bisa ditemukan di Iran dan Iraq.
Stele           
            yaitu sejenis tugu batu yang permukaannya diberi relief tentang suatu peristiwa, contohnyaStele Hamurabi
Patung Babilonia
bersikap tenang seolah olah sedang menjalankan tugas keagamaan
Relief Babilonia : bertemakan tentang keagamaan.
Taman gantung
Taman gantung merupakan wujud arsitektur pertamanan khas Mesopotamia. Di antara bangunan -bangunan kota yang tinggi mencuat itulah biasanya ditanami tanaman – tanaman indah yang dari kejauhan terlihat seperti taman gantung. Konon taman gantung ini dibangun oleh Nebukadnezar II cucu raja Hamurabi sebagai hadiah untuk Amytis, sang permaisuri yang disayanginya.

a.       Asiria
          Patung Asiria: matanya diperbesar, dekoratif, raut muka mengesankan kekerasan.
          Relief Asiria: bertemakan tentang kekerasan
          Kota Assur, Nimrud dan Khorsabad
            Kota – kota ini merupakan kota peninggalan kerajaan Assyria lebih kuran tahun 1300 SM. Pada zaman ini arsitektur kembali berkembang dan menciptakan kota – kota yang teratur dan megah. Di kota – kota ini ditemukan istana – istana dengan relief banteng bersayap kepala manusia atau yang disebut juga dengan shedu atau patung singa penjaga pintu masuk.

b.      Persia
Kota Parsepolis
Kota yang dinobatkan sebagai salah satu World Heritage Site oleh UNESCO pada 1979 ini didirikan oleh Raja Darius I pada tahun 518 Sebelum Masehi. Dalam bahasa Persia kuno, kota ini disebut "Parsa", yang berarti "Kota Bangsa Persia".

       Persepolis sendiri berasal dari terjemahan bahasa Yunani dari nama kota ini, Perses polis atau "Kota Persia". Dalam bahasa Persia modern, tempat ini dikenal sebagai Takht-e Jamshid (Tahta Jamshid) dan Parseh.

     Kota ini dibangun dengan arsitektur yang megah dan rumit karena terinspirasi oleh model Mesopotamia. Kota kuno yang terletak di 70 kilometer timur laut Shiraz “dihiasi” perak dan emas.

     Pahatan-pahatan kualitas tinggi ada di tiap peninggalan. Persepolis dan Persia jatuh ditaklukkan Alexander Agung. Ia membakar kota ini hingga rata dengan tanah. Sekarang sisasisanya masih bisa dinikmati di Iran.

      Reruntuhan beberapa bangunan kolosal terdapat di teras. Semuanya terbuat dari marmer abu-abu gelap. Lima belas pilar diantaranya masih utuh. Tiga pilar telah didirikan kembali sejak 1970.

      Beberapa bangunan lain tidak terselesaikan. Peninggalan Kekaisaran Persia yang masih terlihat jelas dari patung-patung, reruntuhan bangunan, serta karya seni dari emas dan perak membuat Persepolis menjadi tempat wisata yang pantang dilewatkan.

0 comments:

Posting Komentar

 
Blogger Widgetskupu