Minggu, 23 September 2012

karya tulis tentang seni lukis


KATA PENGANTAR 
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nya maka kami dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul “Visual Art of Smanda”. Dalam penulisan karya tulis ini kami menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan karya tulis ini, khususnya kepada : 
1. Bapak Rohman Tofik selaku Pembina ekstrakulikuler visual art yang telah meluangkan waktu dan pikiran dalam pelaksanaan bimbingan, pengarahan, dorongan dalam rangka penyelesaian penyusunan karya tulis ini. 2. Semua anggota visual art of smanda. 
3. Secara khusus penulis menyampaikan terima kasih kepada keluarga tercinta yang telah memberikan dorongan dan bantuan serta pengertian yang besar kepada kami .
 4. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, yang telah memberikan bantuan dalam penulisan karya tulis ini. Akhirnya kami berharap semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah, Amiin Yaa Robbal ‘Alamiin. 
Dalam Penulisan karya tulis ini kami merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki kami. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan demi penyempurnaan pembuatan karya tulis ini. 

Purbalingga, September 2012 penyusun


DAFTAR ISI
Kata Pengantar......................................................................
Daftar isi................................................................................
Bab I  Pendahuluan...............................................................
A.  Latar belakang..................................................................
B. Tujuan...............................................................................
C. Manfaat.............................................................................
Bab II   Pembahasan..............................................................
Bab III  Penutup....................................................................
A.   Kesimpulan........................................................................
B.   Saran.................................................................................. 


BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar belakang
Seni sebagai suatu bentuk ekspresi seniman memiliki sifat-sifat kreatif, emosional, individual, abadi dan universal. Faktor utama pembuatan karya tulis ini adalah tugas yang diberikan oleh senior kami untuk memenuhi tugas LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan). Karya tulis ini dibuat dengan judul visual art of smanda karena kami dari sub unit ekstrakurikuler seni rupa SMA Negeri 2 Purbalingga.
Sesuai dengan salah satu sifat seni yakni kreatif, maka seni sebagai kegiatan manusia selalu melahirkan kreasi-kreasi baru, mengikuti nilai-nilai yang berkembang di masyarakat. Visual art of smanda mengambil bagian dari itu semua,sebuah kegiatan ekstrakurikuler yang berada dalam naungan OSIS di Sma Negeri 2 Purbalingga.
Ekstrakurikuler dicetuskan oleh Bapak Rahman Tofik. Visual art didirikan dengan slogan Ars Longa Vita Brevis yang berarti seni tidak akan hilang walaupun pembuatnya telah tiada.
B.Tujuan                                                                                                           Kegiatan ekstrakurikuler visual art ini mempunyai tujuan-tujuan yang dapat bermanfaat bagi anggota maupun siswa dalam pemahaman tentang seni rupa. Secara terperinci tujuan dari ekstrakurikuler ini adalah:
·         Membangun komunikasi antar siswa melalui kegiatan seni rupa,
·         Meningkatkan apresiasi siswa melalui nilai-nilai karya seni,
·         Meningkatkan kreatifitas di kalangan siswa
·         Membina dan meningkatkan kebudayaan khususnya didaerah purbalingga.
C.   Manfaat
Ekstrakulikuler visual art of smanda memiliki manfaat yang berguna khususnya bagi anggota. Manfat tersebut diantaranya:
·         Sebagai wahana untuk mengembangkan kemampuan berkarya seni rupa.
·         Sebagai wahana untuk berorganisasi dalam kegiatan seni rupa.
·         Menjadi suatu penggerak untuk mengugah bakat seni rupa yang masih terpendam.
                                                      BAB II
                                             PEMBAHASAN
Banyak sekali kegiatan ekskul atau ekstrakurikuler di SMA N 2 PURBALINGGA salah satunya yaitu ekstrakurikuler visual art. Ekstrakurikuler ini memberi fasilitas bagi remaja khususnya siswa SMA 2 PURBALINGGA untuk dapat mengembangkan dan mengasah daya imajinasi dan kreativitasnya dalam berkarya seni khususnya seni lukis,menggambar ilustrasi, gambar kartun dan desain grafis. 
Kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di luar jam pelajaran atau setelah pulang sekolah adalah wadah yang baik bagi generasi muda yang ingin mengasah sekaligus berkreasi mengisi hari-hari dengan kegiatan yang bermanfaat untuk menggali potensi dan meraih prestasi.
Berikut ini adalah kegiatan  yang biasa  kita terapkan juga dalam ekskurikuler
Visual art :                                                         
1.      kegiatan jangka pendek
ü  Belajar dari alam
Pada jaman dahulu banyak pelukis yang melukis secara on the spot di alam. Dengan melihat secara langsung di alam raya kita akan dapat menangkap warna dan  pencahayaan yang tepat.Namun generasi sekarang lebih suka pada hal yang praktis termasuk dalam melukis.Ada sebagian yang lebih suka memotretnya terlebih dahulu untuk kemudian dibuat karya lukis.Akan tetapi cara tersebut tetap sama pada intinya yaitu mengambil sumber ide dari alam
ü  latihan membuat sketsa
Sketsa adalah lukisan spontanitas yang dibuat secara langsung di tempat obyek yang dilukis.Karya sketsa misalnya berupa pemandangan dilingkungan smanda dan lain-lain yang menarik untuk dijadikan obyek lukisan/sketsa.latihan sketsa bertujuan untuk melatih ketrampilan dalam menuangkan ide,membuat komposisi yang baik dan pemilihan obyek gambar yang menarik
2.      kegiatan jangka sedang
ü  Belajar Pewarnaan
Belajar membuat dan mencampur warna adalah hal yang harus dikuasai sebelum seseorang mulai melukis.Langkah pertama adalah belajar mencampur warna dasar, yaitu Merah,Biru dan Kuning.
ü  Membuat karikatur.
3.      kegiatan jangka panjang                                                                                                     
ü  mengunjungi Galeri seni lukis
dalam rangka kegiatan akhir tahun ekskul visual art mengunjungi galeri seni
rupa yang bertujuan untuk motivasi diri untuk berkarya.
Kegiatan ekstrakurikuler visual art langsung dibimbing oleh bapak Rohman Tofik yang  juga merupakan guru seni rupa di SMA N 2 PURBALINGGA. Kegiatan dimulai pukul 14.00 wib bertempat di ruang seni.

 BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
1.      Visual art of smanda,sebuah kegiatan ekstrakurikuler yang berada dalam naungan OSIS di Sma Negeri 2 Purbalingga.
2.      Kegiatan dilaksanakan melalui pelatihan langsung bersama Pembina dan Setiap akhir tahun ekstrakurikuler visual art mengadakan kunjungan ke galeri seni untuk memotivasi diri sehingga lebih meningkatkan karya.
B.     Saran
1.     Kepada kepala sekolah SMA N 2 PURBALINGGA untuk terus mendorong dan melengkapi sarana yang dibutuhkan siswa dalam beraktifitas kreasi dan apresiasi seni.
2.     Kepada guru seni rupa,sebagai individu yang kreatif untuk terus meningkatkan profesi dan citranya.
3.     Kepada para anggota visual art of smanda, suatu seni akan menjadi berkesan bila kita bisa memaknainya, dan suatu seni dapat berkembang apabila kita mampu untuk melakukan yang terbaik dan, berkreasi dalam seni.
4.     Cobalah untuk memahami karya seni agar karya seni Indonesia tidak akan begitu saja dan akhirnya punah.





0 comments:

Posting Komentar

 
Blogger Widgetskupu