CHEESE STICKS
“DE’COLET”
(PERENCANAAN PENDIRIAN USAHA CHEESE STICKS
“DE’COLET”)
Program Studi Kewirausahaan Peternakan
DISUSUN OLEH
R YOANDA ROBBY P E10012158
MONANG PANDAPOTAN S E10013049
DAVID KHAN E10013109
ISFAN FAJRI N E10013117
AULYA RAHMAWATI E10014001
KELOMPOK A.1
FAKULTAS PETERNAKAN
UNIVERSITAS JAMBI
2016
DAFTAR ISI
1.RINGKASAN
EKSEKUTIF..................................................................... 1
2.PENDAHULUAN....................................................................................... 2
2.1 Latar Belakang.................................................................................... 2
2.2 Visi,Misi,Tujuan dan Nilai Budaya..................................................... 2
2.3 Identifikasi Usaha............................................................................... 3
2.4 Struktur Organisasi.............................................................................. 3
3.
ANALISIS PRODUK DAN PRODUKSI............................................... 4
3.1 Analisa
produk.................................................................................... 4
3.2 Analisa
Produksi.................................................................................. 4
3.3 Modal
Usaha....................................................................................... 5
3.4 Keistimewaan
Produk......................................................................... 5
4.
PEMASARAN............................................................................................ 6
4.1 Analisis
persaingan usaha SWOT........................................................ 6
4.2 Analisis
4P........................................................................................... 6
4.3 Target
dan Segmentasi Pasar............................................................... 6
4.4 Strategi
Pemasaran.............................................................................. 7
5. ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA..................................... 8
1
RINGKASAN EKSEKUTIF
Chesee stick De’Colet merupakan suatu
bisnis bidang kuliner yang menawarkan makanan kudapan. Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai macam kuliner. Namun Bisnis
ini tidak mengikuti trend pasar namun di mulai dari ide penulis yang orisinil. Maka kami tergerak membuat inovasi baru dibidang kuliner.
Secara pribadi kami membangun usaha ini
dikarenakan kesukaan kami mengkonsumsi olahan keju, maka kami memutuskan untuk
membuat suatu olahan keju yang lebih berinovasi dan lebih menyehatkan dari
olahan keju dan terjamin kehigenisannya, maka dari itu kami membuat suatu
olahan keju yang berbeda yaitu cheese sticks. Produk
yang ditawarkan adalah keju yang dibuat dan disajikan dengan cara berbeda,
yaitu dibalut dengan adonan tepung roti. Keunikannya adalah produk sejenis
belum ada, cheese sticks memiliki peluang menjadi trendsetter. Keunggulan cheese sticks De’colet adalah enak, cepat saji
dan bergizi tinggi.
Mengingat
banyak aktivitas yang dijalani setiap orang perharinya dengan aktivitas
yang semakin padat membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan
yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti keju. Makanan–makanan yang
tersedia di pasaran memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut
kebanyakan terlalu mahal.
Maka dari itu kami membuat cheese sticks
sebagai salah satu makanan dengan rasa yang enak, nikmat, dan juga lezat serta
dijual dengan harga yang cukup terjangkau.
Produk cheese sticks De’colet dapat
di tujukan untuk semua segmen pasar. Namun, berdasarkan karakteristik produk,
target pasar yang lebih di bidik adalah remaja hingga dewasa dengan
karakteristik psikografis menyukai hal-hal baru.
2
PENDAHULUAN
2.1 Latar
Belakang
Di Indonesia,
berbagai bidang bisnis memiliki peluang dan prospek kedepan yang baik karena
gaya hidup masyarakat saat ini yang cenderung konsumtif. Bisnis bidang kuliner
merupakan salah satu bidang bisnis yang memiliki prospek atau peluang untuk
berwirausaha.
Keju di Indonesia belum terlalu familiar
di lidah masyarakat Indonesia. Namun keju mempunyai nilai gizi yang bagus jika
di konsumsi oleh manusia. Keju biasanya hanya di makan begitu saja belum banyak
olahan keju di Indonesia. Penulis tertarik untuk mendirikan suatu usaha yang
menawarkan cheese sticks berbahan keju yang diberi
nama De’colet dimana menawarkan roti yang dibuat dan
disajikan berbeda dari biasanya.
2.2 Visi, Misi, Tujuan, dan Nilai Budaya
Visi cheese sticks De’colet
adalah menjadikan kuliner yang lebih memperhatikan nilai gizi para konsumen.
Misi cheese sticks
De’colet adalah
1. Menciptakan
makanan yang sehat, bergizi, dan lebih mementingkan kehigenisan
2. Memberikan
harga yang terjangkau kepada konsumen untuk mendapatkan yang sehat dan bergizi
3. Menciptakan
inovasi baru dalam bidang kuliner
Tujuan
cheese sticks De’colet adalah
1. Mendapatkan
penghasilan
2. Memenuhi
kebutuhan konsumen
3. Menggali bakat
dalam hal berbisnis
Ruang lingkup usaha yang kami rintis ini masih dalam usaha kecil, tetapi
usaha ini bisa sangat menjanjikan karena produk makanan yang kami produksi
dapat dinikmati oleh semua kalangan.
Nilai-nilai budaya cheese sticks De’colet adalah
1.
Dinamis
2.
Kreatif
3.
Ramah
4. Jujur
2.3 Identifikasi Usaha
Nama
Usaha : Cheese sticks
Pemilik
Usaha : De’colet
Bidang Usaha :
Makanan Ringan
Alamat
Usaha : JL. Sumantri Brojonegoro
CP : 085264919930
2.4 Struktur
Organisasi

3. ANALISA PRODUK
DAN PRODUKSI
3.1 Analisa Produk
Usaha kami bergerak dalam bidang kuliner karena kami termasuk orang yang
hobi dalam berkuliner apalagi yang berbahan dasar kentang, karena di Indonesia
keju bisa kita jumpai dengan mudah dan kebanyakan orang menyukai olahan dari
keju, jadi kami sepakat untuk mengolah keju sebagai bahan isi cheese sticks
dengan saus sebagai pelengkapnya
Awal
dibentuknya perusahaan kami karena kami dapat melihat minat masyarakat akan
makanan ringan yang mengenyangkan dan dengan harga terjangkau.
3.2 Analisa Produksi
Proses
produksi yang dilalui dalam pembuatan Cheese sticks de’colet adalah sebagai berikut:
Proses Produksi
|
Bahan Baku
|
Teknologi
|
Mesin
|
Membeli
|
Tepung terigu, tepung roti, keju, saos tomat, bumbu
|
Tradisional
|
-
|
Mencampur
|
Tepung terigu
|
Otomatis
|
Mixer
|
Digiling
|
Adonan tepung
|
Tradisional
|
Lampia
|
Menggoreng
|
Adonan +keju + tepung roti
|
Tradisional
|
-
|
Proses produksi yang diterapkan oleh cheese sticks de’colet memiliki beberapa keunggulan:
Proses pemilahan yang dilakukan manual memastikan bahwa
produksi keripik bayam selalu terjamin kualitas dan kesegarannya
Bumbu yang digunakan adalah bumbu racikan sendiri (bukan
bumbu jadi), sehingga memiliki ciri khas dan kesegaran yang terjamin
Proses pengorengan yang sempurna sebelum pengemasan
membuat cheese sticks lebih
renyah dan gurih.
3.3 Modal Usaha
Modal cheese sticks : Rp
1.000.000,-
Modal tempat : Rp
1.000.000
Total Modal : Rp
2.000.000,-
3.4 Keistimewaan
Produk
Harga cukup
terjangkau untuk semua kalangan
Sajian makanan
yang bergizi
Hidangan cepat
saji yang dapat di terima oleh semua kalangan baik dari anak kecil maupun orang
dewasa
4. PEMASARAN
4.1 Analisis Persaingan Usaha SWOT
A. STRENGTH
·
Bahan bakunya mudah
ditemukan
·
Cita rasa yang mudah
diterima
·
Menggunakan bahan dan
proses yang berkualitas
B. WEAKNESS
·
Tidak tahan lama dan
mudah basi
·
Modal cukup kecil
C. OPPORTUNITIES
·
Banyak disukai
berbagai kalangan
D. THREAT
·
Selera konsumen variatif
·
Munculnya pesaing baru
4.2 Analisis
4P
1. PRODUCT
·
Type : Snack
·
Brand
: Cheese Stick
·
Quality :
Tanpa Bahan Pengawet
·
Packing : Menggunakan
Cup Plastik
2. PRICE
·
Price List : Rp.
13000,- / bungkus
3. PROMOTION
·
Advertising : Menggunakan
Media Jejaring Social
·
Sales
Promotion : Mempromosikan Penjualan Kepada
Pelanggan
·
Personal
Selling : Menjual Kepada Pelanggan Secara Langsung
4. PLACE
·
Berlokasi di wilayah
sipin kota jambi.
4.3 Target dan
Segmentasi Pasar
1. GEOGRAFI
·
Wilayah yang kita
jadikan target yaitu wilayah kota jambi, alasannya adalah bahan – bahan untuk
membuat produk ini sangat mudah ditemukan
·
Kami melihat banyaknya
peluang bisnis pada makanan yang cepat saji, hingga kami memanfaatkan peluang
ini
2. DEMOGRAFI
Secara pasar kami menjual pada kalangan penggemar kuliner, mahasiswa dan
anak-anak karena dengan sasaran itu kami dapat dengan mudah
mengetahui informasi pasar.
4.4 Strategi Pemasaran
1. Perkenalan Bisnis
Produk yang kami tawarkan merupakan makanan yang lezat, bergizi, dan
harganya terjangkau. Produk kami bernama “CHEESE STICKS” yaitu olahan keju yang
sangat baik di konsumsi oleh masyarakat. Cheese sticks ini berbeda dengan yang
lain karena kami tidak menggunakan bahan pengawet dan menggunakan bahan bahan
yang berkualitas
2. Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Cheese sticks ini berbahan baku adonan dan keju dengan bahan bahan lainnya.
Oleh karena itu kami berniat bekerja sama kepada distributor keju dan bahan
bahan pelengkapnya yang sudah pasti kualitasnya
3. Menciptakan inovasi pada design yang ditawarkan
Produk kami ini yang pertama: cheese sticks ini untuk kedepannya kami
berinovasi untuk membuat cheese sticks dengan menciptakan berbagai macam rasa
keju
4. Meningkatkan kualitas pelayanan
Setelah melakukan penjualan kami meminta kepada consumen untuk mengkritik
dan memberikan saran pada produk kami. Maka kami akan meningkatkan kualitas dan
tingkat rasa untuk memuaskan konsumen
5. Media Pemasaran
Aksi
pemasaran yang sudah dan akan dilakukan:
Menyediakan paket sample kepada masyarakat sekitar seperti mahasiswa
Membuat brosur / selebaran
Memasang iklan di media online untuk menjangkau masyarakat luas, misalnya:
forum internet, Facebook, Twitter, iklan baris, dll
Menyebar contact yang dapat dihubungi dalam bentuk telepon, SMS, PIN
BBM, Yahoo Messenger, dll.
6. ANALISA DAMPAK
RESIKO USAHA
Dampak positif yang ditimbulkan oleh usaha cheese sticks de’colet adalah:
Pendayagunaan tenaga kerja lokal (menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat
sekitar)
Memberikan contoh nyata cara melakukan wirausaha terhadap warga sekitar
Memperkenalkan makanan ringan sehat berupa snack dengan bahan dasar
keju.
Selain memiliki dampak positif, perusahaan pun dapat
menghadapi beberapa resiko, seperti:
Kenaikan mendadak harga bahan-bahan mengakibatkan perusahaan mengalami
penurunan omzet
Produk baru dapat dengan mudah mendapatkan saingan serupa. Tantangan utama akan
datang dari usaha-usaha yang memiliki modal lebih besar, dimana mereka dapat
melakukan pembelian bahan-bahan secara lebih murah.
Berkurangnya minat pasar apabila tidak dilakukan inovasi yang terus-menerus.
PS: UNTUK KALIAN YANG LAGI CARI HADIAH ANTIMAINSTREAM BISA KEPOIN INSTAGRAM @byaulyaraa. kalian bisa custom order DOODLEART nya guys
0 comments:
Posting Komentar